Sunday, June 16, 2013

monolog siang: tentang khalifah

Bertanya Tuhan: "apa yang sudah kamu lakukan bagi umat manusia?".
Apa ya, udah ngapain aja kita?
"Sy sdh mndpt nilai rapor bagus, menang lomba2, masuk univ terbaik, punya kerjaan bagus, bersenang2 dgn tmn2, ya Tuhan." Begitu?
"Sesungguhnya aku hendak menjadikan khalifah di permukaan bumi." Ah, iya ya. Khalifah. Sudahkah sy menjadi khalifah di permukaan bumi?
Sy trlalu sibuk ujian, skripsian, ngerjain tugas, rapat, makan2, ke mall, ke pantai & lain sebagainya utk mnjadi khalifah di permukaan bumi.
ketika mati dan kemudian ditanya Tuhan: "tugas lo jd khalifah udh terlaksana blm?", sy mungkin cuma bisa bengong.
kita yg mengejar kesuksesan, pujian, uang, popularitas lupa dgn tujuan penciptaan. tujuan yg di akhir nanti bakal ditanyakan Tuhan
"Hey manusia, lupa ya kamu dgn 'innalillahi wa innailahi rojiun?' kamu semua bakal balik ke AKU, AKU lah alpha dan omega. Udah siap blm?"
tanah yang bercampur air ini hanya akan jadi seperti tembikar yang diisi ruh belaka tanpa ada gunanya.
Jadi, apa yang akan kamu jawab ketika Tuhan bertanya: "apa yg sdh kamu lakukan utk umat manusia?"
maaf Tuhan, saya tuli. saya tidak dengar pertanyaan tadi, mohon ulangi. hidupkan saya sekali lagi agar bisa menjadi sprti yg KAU ingini.
maaf Tuhan, mata sy buta. sy tdk bisa melihat manusia selain sy. tolong hidupkan sy sekali lagi agar bisa jd khalifah yg KAU rencanakan.
seandainya terlahir kembali, ku tak ingin jadi manusia. terlalu berat proposalnya. terlalu gampang penyelewengannya.

No comments: