Saturday, June 13, 2009

UAN, another comedy in Indonesia

Uufh... Pengumuman UAN ditunda!!!

Benar-benar menyebalkan. Birokrasi yang menyusun negara ini semakin lama semakin semerawut. Giliran kami pelajar Indonesia yang luntang-luntung tak jelas nasibnya korban dari keputusan-keputusan pemerintah. itu bukan kebijakan, melainkan kesemena-menaan.

Kasus-kasus yang bermunculan mengenai beberapa sekolah yang 100% tidak lulus karena menerima kunci jawaban palsu mencuat dan dijadikan sebagai penyebab utama penundaan pengumuman Ujian Akhir Nasional 2009. Menurut saya pribadi, hal ini tentunya amatlah mengada-ngada serta tidak adil.



Kami, pelajar yang selalu kena getahnya. Bayangkan, sejak duduk di bangku SMP kurikulum sudah dirubah sampai 3 kali. hampir setiap tahun harus ganti buku baru, padahal metodenya tidak ada perubahan sama sekali. Rasanya semakin lama kami bukannya dididik menjadi pintar tapi semakin bersemangat untuk membangkang terhadap sistem yang ada.

Amat menyedihkan.
Padahal bidang pendidikan itu yang berperan vital dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan taraf hidup orang banyak. Jika pemerintah memandang UAN sebagai sebuah tes untuk menentukan layak atau tidaknya murid-murid kelas terakhir di SMP dan SMA senusantara untuk lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, mengapa kesan yang ditimbulkan justru tidak serius? Padahal yang menjadi taruhan dari kesemena-menaan ini adalah kelulusan kami, ribuan murid Indonesia.

Nasib kami belum jelas sekarang,
Ya Tuhan...

No comments: